HUT OPM, Bendera Bintang Kejora Berkibar di Wamena

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Bendera Bintang kejora berkibar di SD Inpres Mulele Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, bertepatan dengan HUT OPM yang biasa diperingati pada 1 Desember.


Bendera Bintang Kejora identik dengan pergerakan Papua Merdeka. Bendera tersebut berkibar sejak pukul 06.13 Wit hingga 07.59 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo membenarkan kejadian ini. Ia menjelaskan barang bukti bendera sudah berada di Polsek Wamena Kota.

“Kami masih menyelidiki siapa pelaku pengibarna bender aitu,” kata Benny, Jumat 1 Desember 2023.

Untuk menciptakan situasi aman jelang 1 Desember yang menjadi agenda kamtibmas aparat keamanan di Papua, dilakukan peningkatan patroli hampir di semua daerah di Papua.

Misalnya saja Satgas Damai Cartenz memperketat patroli pada 9 lokasi di tanah Papua sebagai antisipasi ganguan keamanan pada HUT OPM.

Bahkan, Polda Papua justru mengantisipasi 13 daerah yang dianggap rawan akan gangguan kelompok bersenjata.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri mengklaim situasi kamtibmas 1 Desember kondusif. Walau ada 2 kejadian di Timika dan Puncak, Provinsi Papua Tengah, namun sudah dapat dikendalikan.

“Saya meminta kepada para kapolres tidak terpancing aksi-aksi tersebut, sebab beresiko bagi anggota dan juga masyarakat sipil. Jangan sampai ada kejadian seperti minggu lalua ada korban jiwa dari aparat keamanan dan warga sipil,” katanya.  (Faisal Narwawan)