Survei SSC: Bantuan Uang dan Sembako Paling Diinginkan Warga Surabaya dari Para Caleg

Peneliti senior SSC, Surokim Abdus Salam/RMOLJatim
Peneliti senior SSC, Surokim Abdus Salam/RMOLJatim

Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) mengungkap faktor-faktor penting yang harus diperhatikan para Calon Legislatif (Caleg) saat maju dalam kontestasi politik 2024 mendatang.


Peneliti Senior SSC, Surokim Abdus Salam menyampaikan, bila ditanya warga Surabaya menginginkan diberi bantuan apa oleh Caleg, mayoritas kompak menjawab uang.

“Dari sebaran responden, mereka menjawab suka diberi Caleg berupa uang dengan 44,7 persen, kemudian sembako dengan 34,4 persen," kata Surokim Abdus Salam dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (12/1).

"Selanjutnya peralatan sekolah 4,9 persen, perlengkapan ibadah 3,1 persen, peralatan olahraga 1,8 persen, seragam untuk komunitas atau Jemaah 1,7 persen, sarung 1,6 persen, serta jilbab 1,4 persen. Sementara yang memilih tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 6,4 persen," imbuhnya.

Surokim menambahkan, hasil ini bisa saja menjadi acuan para caleg untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Yang penting harus jeli melihat peluang yang ada," imbuhnya.

Penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan antara 1-10 Januari 2023 di 31 Kecamatan di Kota Surabaya. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.